Hakikat Lingkungan dan Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Aspek Sosial Emosional

Yuyun Indah Sari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menjabarkan tentang pengenalan lingkungan yang didasarkan pada epistimologi, aksiologi, dan ontologi yang implikasinya pada sosial emosional anak usia dini, sehingga diperoleh hasil yang sesuai dengan harapan penelitian yaitu memberikan penggambararan mengenai hakikat lingkungan. Metode yang digunakan oleh peneliti ini ialah metode deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sosial emosional yang berdampak pada diri anak yaitu adalah rasa percaya diri. Dan kesimpulan dari hasil penelitian ini ialah lingkungan memiliki banyak pengaruh pada anak, dengan adanya lingkungan maka akan mempengaruhi sosial emosional anak, sehingga lingkungan pulalah yang mampu membentuk karakter anak untuk mnciptakan rasa percaya diri di lingkungan masyarakat

Keywords


hakikat lingkungan, anak usia dini, sosial emosional

References


Age, J. G., & Hamzanwadi, U. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Gunawan, I. (2013). KUALITATIF Imam Gunawan. Pendidikan, 143. http://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/3_Metpen-Kualitatif.pdf

indah permata. (2019). Hakikat Dan Makna Lingkungan Bagi Manusia. 189–190. http://iindahpermata94.blogspot.com/2018/07/hakikat-dan-makna-lingkungan-bagi.html

Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. 8(33), 37. http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf

Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 747–752. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370

Moh. Hifni. (2013). Mahasiswa Pascasarjana Program MagisterPendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Madura. Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi Dalam Keilmuan.

Mubin, F. (2020). Filsafat Modern: Aspek Ontologis, Epistemologis, Dan Aksiologis. Mengenal Filsafat Pendidikan, 1–28. fatkhulmubin90@gmail.com

Nurjannah, N. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 50–61. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-05

Rahman, M. M., & Tengah, J. (2013). KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK USIA DINI A . Pendahuluan Pendidikan anak usia dini telah banyak berkembang di masyarakat , baik yang ditumbuhkembangkan oleh instansi pemerintah maupun oleh masyarakat . Misalnya , Bina Keluarga Balita yang dikembangkan oleh BK. Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 1–16.

Syukri, A. (n.d.). PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM ( Studi Tentang Epistemologi Pendidikan Abdullah Nasih Ulwan ) Ahmad Syukri. 50–59.

Tusyana, E., Trengginas, R., & . S. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Siswa Usia Dasar. Inventa, 3(1), 18–26. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1804

Yumnah, S. (2016). Kecerdasan Anak Dalam Pengenalan Potensi Diri. Jurnal Studi Islam, 2016, 4. http://ejournal.kopertasi4/or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/download/2701/1982


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v5i2.761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.