Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Teorema Pythagoras Berdasarkan Teori Kastolan di Masa Pademi Covid –19

Eko Aris Setiawan, Dwi Avita Nurhidayah

Abstract


AbstrakPenulisan artikel ini diperoleh dari penelitian yang dibuat dan disusun oleh penulis dengan tujuan untuk mendeskripsikan jenis jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal tes teorema Pythagoras yang terjadi saat dilaksanakan nya pembelajaran daring akibat efek dari pademi covid 19. Dengan objek penelitian siswa Sekolah Menengah Pertama ( SMP ), kelas 12 SMP N 4 Sawoo, kabupaten Ponorogo dengan jumlah 5 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes dengan jumlah tiga soal materi teorema Pythagoras, kemudian dilakukan wawancara kepada siswa untuk mengetahui faktor faktor penyebab kesalahan saat mengerjakan tes tersebut. Kemudian setelah peneliti memperoleh data dari tes dan wawancara kemudian dianalisis untuk mengetahui jenis kesalahannya. Peneliti berfokus pada kesalahan menurut teori kastolan yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural dan kesalahan teknik. Hasil nya diperoleh bahwa masih banyak melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal tersebut. Meskipun banyak dari mereka yang mengerjakan dengan hasil akhir dalam bentuk yang sederhana tetapi mereka melakukan kesalahan konseptual pada lembar jawabnya dan ini terjadi pada mayoritas siswa diikuti dengan kesalahan prosedural dan teknik. Hal ini merupakan dampak dari pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka berubah menjadi pembelajaran online ( pembelajaran daring ) sebagai akibat dari pademi covid 19. Kata kunci : Analisis kesalahan, teorema Pythagoras, teori kastolan.

References


Amelia, S. (2015). Pengaruh Accelerated Learning Cycle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2), 122-124.

Subiyakto, A., Rufiana, I. S., & Hidayah, D. A. N. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantuan Teknik Scaffolding. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 8(1), 7-17.

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-learning). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 117-140.

Zaerani, S. (2017). Pengaruh Penguasaan Konsep Teorema Pythagoras Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VIII MTs. Negeri Balang-Balang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Khanifah, N. M. (2013). Analisis kesalahan penyelesaian soal prosedural bentuk pangkat bulat dan scaffoldingnya (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Sumaji, S., & Wahyudi, W. (2020). Refleksi Pembelajaran Matematika SMK Muhammadiyah 1 Ponorogo Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Mutlak . Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika , 4(2), 746 -755.

Ekayanti, A. (2017). Diagnosis Kesalahan Mahasiswa Dalam Proses Pembuktian Berdasarkan Newmann Error Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 105-116.

Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis kesalahan siswa menurut kastolan dalam pemecahan masalah matematika. Matematika, 19(2), 123-130.

Luthfia, L., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kesalahan menurut tahapan kastolan dan pemberian scaffolding dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Journal on Education, 1(3), 396-404.

Budiono, I., & Suhendar, U. (2019, September). Meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui pendekatan RME. In Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019 (pp. 488-495).

Suhendar, U., & Ekayanti, A. (2018). Problem based learning sebagai upaya peningkatan pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 15-19

Firmansyah, D. (2020). analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan representasi matematis menurut tahapan kastolan. Prosiding Sesiomadika, 2(1a).


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v5i2.776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.