Pengembangan Media Manipulatif “Koordinat Riemann” Pada Materi Integral Tentu Untuk Kelas XII

Rendi Lusbiantoro, Vuvut Selviana

Abstract


Media pembelajaran manipulatif adalah perangkat pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar dengan tujuan untuk membantu siswa mengeksplorasi ide secara aktif oleh siswa serta membantu memperjelas konsep atau pengertian contoh benda. Integral tentu merupakan materi dalam matematika wajib kelas XII dalam kurikulum 2013 (K13). Materi ini merupakan salah satu materi yang seringkali dianggap menyulitkan oleh sebagian siswa. Oleh karena itu, penggunaan media dalam membelajarakan materi integral tentu diharapkan bisa membantu dan mempermudah siswa dalam memahami materi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media manipulatif “Koordinat Riemann” pada materi integral tentu untuk kelas XII SMA / SMK yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media manipulatif pada materi integral tentu kelas XII ini adalah model pengembangan 4D yang telah dimodifiksi dengan menghilangkan tahap keempat. Model pengembangan 4D meliputi, yaitu (1) tahap define, (2) tahap design,  dan (3) tahap development.  Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh hasil, yaitu (1) persentase kevalidan 80,85% dengan kriteria kevalidan valid, dan (2) persentase kepraktisan 78,45% dengan kriteria kepraktisan praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa yang telah dikembangkan adalah media yang valid dan praktis serta layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada materi Integral tentu baik di dalam kelas.


Keywords


Media Manipulatif, Integral Tentu

References


overnment of Alberta Human Services. 2007. A guide for midlife career moves. Alberta, Province of Canada.

Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.

Hunt, Annita dkk. 2011. Virtual vs. Concrete Manipulative in Mathematics Teacher Education: Is One Type More Effective than the Other. Current Issues in Middle Level Education (CIMLE).

Marshall, Linda dan Paul, Swan. 2008. Exploring the Use of Mathematics Manipulative Material: Is It What We Think It is?. EDUCOM International Conference. Edith Cowan University: Perth, Australia.

Richardson, Virginia. 2003. Constructivist Paedagogy. Teacher Colledge Record Vol. 105, Columbia University.

Sadiman, Arif. dkk. 2007. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sjøberg, Svein. 2007. Constructivism and Learning. International Encyclopaedia of Education 3rd Edition, Oxford: Elsevier.

West, Lynn. 2011. Using Physical and Virtual Manipulative with Eight Grade Geometry Studenys. Action Research Project Report, University of Nebraska Lincoln.

Westenskow, Aria. Tanpa tahun. Comparing the Use of Virtual Manipulatives in Equivalent Fraction Intervention Instruction. Doctoral Mathematics Education: Utah State University.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v5i2.867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.